Diterjemahkan oleh :
Zaenal Arifin Yahya
لقوله ﷺ لا أحل المسجد لحائض ولا لجنب رواه أبو داود عن عائشة رضي الله عنها ودخل في المسجد هواؤه وما اتصل به من نحو روشن وغصن شجرة أصلها خارج لا عكسه ورحبته لا حريمه. فرحبة المسجد هي الساحة المنبسطة والحريم ما حوله من المرفق بكسر الميم وفتح الفاء لا غير أى كالمطبخ ونحوه *(فائدة)* لا بأس بالنوم في المسجد لغير الجنب ولو لغير أعزب وهو من لم يكن عنده أهل فقد ثبت أن أصحاب الصفة وهم زهاد من الصحابة فقراء غرباء كانوا ينامون فيه في زمنه ﷺ نعم يحرم النوم فيه إذا ضيق على المصلين ويجب حينئذ تنبيهه. ويندب تنبيهه من نام في نحو الصف الأول أو أمام المصلين ولا ينبغي التصق في المسجد ويلزم من رآه الإنكار عليه ومنعه إن قدر
berdasarkan sabda Nabi saw "Tidak aku halalkan Masjid bagi orang yang haidh dan tidak pula bagi orang yang junub", hadits diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, dari Sayyidatina 'Aisyah rodhiyallohu 'anhu.
Dan termasuk dalam (bagian) masjid, angkasa masjid, dan sesuatu yang tersambung dengan masjid, berupa seumpama jendela di atap, dan dahan-dahan pohon yang akarnya berada di luar masjid, bukan sebaliknya, dan (seperti) serambi masjid, bukan harim masjid.
Adapun serambi masjid adalah pelataran yang membentang (lebar). dan harim adalah area yang berada di sekitar masjid yaitu areal kemanfaatan umum, (lafadz al-mirfaqi) dengan kasroh mim dan fathah fa, tidak dengan bacaan lain, yakni seperti dapur dan semacamnya.
(FAIDAH) Tidak apa-apa melakukan tidur di dalam masjid bagi orang yang tidak junub, walaupun bagi orang yang bukan membujang yaitu orang yang tidak ada keluarga di sisinya.
Maka sungguh telah tertetapkan (berita) bahwa Ashhabush Shuffah, yaitu orang orang yang zuhud dari kalangan sahabat Nabi saw, yang fakir-fakir dan perantau, adalah mereka semua tidur di dalam masjid pada zaman Nabi saw.
Ya, diharamkan tidur di dalam masjid, apabila ia membuat sempit atas orang orang yang sholat, dan wajib di saat seperti itu untuk membangunkannya.
Dan disunnahkan membangunkan orang yang tidur di umpama shoff (barisan) pertama, atau di hadapan orang orang yang sedang sholat.
Dan tidak diperkenankan meminta sedekah di dalam masjid, dan wajib bagi orang yang melihatnya mengingkari atasnya, dan melarangnya jika ia mampu.
Wallohu a'lam bishshowaab
Post a Comment