Nama beliau adalah Dr. Muhammad bin Abdullah bin Ali Muhyiddin, dari
keluarga Muhyiddin yang berasal dari Zabid, Yaman. Dosen di kuliyah Syariah dan
Undang-undang, Universitas Internasioanal Afrika, Khartoum Sudan. Silsilah nasab
keluarga beliau bersambung ke Abdu Manaf bin Qushoy bin Kilab bin Murrah bin
Ka’ab bin Lua’i bin Ghalib bin Qurasy, kakek ke tiga Rasulullah SAW.
Ayah beliau berhijrah dari Yaman ke Jeddah - Saudi Arabia - sejak lama, dan
disanalah beliau dilahirkan pada 1 Muharram tahun 1393 Hijriyah (1973 M). sejak
kecil beliau telah berkhidmat dan dididik oleh Syeikh Muhammad Abdul Rabb al-
Nazzhori (sekarang anggota badan tertinggi fatwa di Dubai) dan Syeikh Muhammad
Ali Ba ‘Athiyah, dari dua guru beliau inilah beliau belajar dasar-dasar ilmu agama
dan adab-adab islam.
Kakek beliau adalah ulama besar yang bernama Syeihk Ali Muhyiddin, ketika
menziarahi beliau dan ayahnya di Jeddah , kakek beliau mewasiyatkan agar
Muhammad kecil yang baru berumur 10 tahun, bisa berguru kepada Syeikh al-
Murabbi al-‘Alaamah Abdullah Ahmad al-Nakhibi al-Yafi’i yang menjadi Imam di
masjid Ba Baidhon - Kandarah, Jeddah, Saudi Arabia.
Syeikh Abdullah An-Nakhibi ketika itu berusia
90 tahun, dan ketika muda, beliau
merupakan seorang ulama besar di Yaman,
pernah menjabat sebagai menteri agama di
Yaman.
Syeihk Muhammad kecil belajar berbagai
disiplin ilmu kepada Syeihk Abdulloh An-
Nakhibiy, diantaranya ; fikih Imam Syafie,
ilmu gramatika bahasa arab (nahu & shorof),
akidah, sejarah Islam dan peradaban dan lain
sebagainya. Diantara kitab-kitab yang kaji
secara menyeluruh dengan gurunya ini adalah :
Risalah Jamiah karangan Habib Ahmad bin Zain al-Habsyi, Mukhtasor Soghir dan
Muqaddimah Hadhramiyah karangan Syeikh Abdullah Ba Fadhl, Safinatul Naja,
Sullam Taufiq, Fathul Rahman, Matan Abi Syujaa’ berserta syarah Ibnul Qasim al-
Ghazzi, Fawaid Thaminah karangan Habib Muhammad bin Hafez ayah kepada
Habib Omar bin Hafez, Matan Zubad Ibnu Ruslan, Umdatus Salik Ibnu Naqib,
Minhajut Tolibin Imam Nawawi, Tanbih Imam Syirozi dan lain sebagainya dari
literatur fiqh Syafie.
Adapun dalam bidang Hadis : Arbain Nawawiyah, berserta tambahan Ibnu
Rojab Hanbali, Mukhtasor Ibnu Abi Jamrah, Bulughul Maram, Riyadhus Solihin dan
Tsulathiyaat Bukhari, Muslim, Tirmizi, Ibnu Majah, ad-Darimi, Tabrani, Imam Syafie
dan Imam Ahmad.
Dan kitab-kitab lain yang di khatamkan : Aqidah al Awwam, Jauharah Tauhid, al-
Kharidah al-Bahiyah, Matan Waraqaat berserta syarah Mahalli, Risalah Imam
Syafie, Bidayatul Hidayah, al-Adaab fid Din karangan Imam Ghazali, Unwan at-
Taufiq fi adaan at-Toriq karangan Ibnu Ataillah Sakandari, Nasoih Diniyah, dan
Hikam karangan Habib Abdullah al-Haddad dan lain-lain.
Ringkasnya : Syeikh Muhammad telah mengkhatamkan lebih dari 80 kitab pada
Syeikh Abdullah al-Nakhibi, ini baru satu gurunya saja.
Setelah mengenyam Pendidikan sekolah dasar setingkat SD, SMP dan SMA
di Saudi Arabia, pada tahun 1412H beliau melanjutkan jenjang akademi s1-s2-s3 di
Sudan dan mendapat kehormatan dipinta untuk mengajar sebagai dosen di
International University of Africa Sudan.
Sewaktu mengenyam jenjang universitas beliau juga mengkaji dan
mendalami bebagai disiplin ilmu dari beberapa ulama besar Sudan, diantaranya ;
1. Al—Faqih Al-Muhaddith Syeikh Ahmad bin Abdul Salam al-Ja’li al-‘Abbasi al-
Maliki.
dari beliaulah Syeikh Muhammad mengkaji dan mendalami mazhab Malikiy, seperti : Risalah Ibnu Abi Zaid al-Qairawani, matan Ibni ‘Asyir, Muwato’ Malik riwayat Yahya al-Laithi, Awail Sunbuliyah dan sebagian dari Sahih Bukhari dan masih banyak lagi kitab-kitab yang di hatamkan kepada beliau. Pada tahun 1418 hijrah, beliau bertemu dengan Musnid (ulama besar bidang hadis) Sudan, Sejak itu Syeikh Muhammad melaziminya sehingga beliau mengkhatamkan berpuluh jilid kitab-kitab besar hadith yang jarang sekali untuk zaman sekarang para ulama menguasainya : seperti Sohih Bukhari, Sohih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan Tirmizi, Sunan Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, Muwatto’ riwayat al-Laithi , riwayat al-Qa’nabi dan riwayat as-Syaibani, Musnad Imam Ahmad, Mu’jam Shoghir Tabrani, Zadul Muslim, Awail Sunbuliyah, Adabul Mufrad, Al-Azkar dan Riyadhus Solihin karangan Imam Nawawi, dan sebagian dari Sunan Darimi dan Mustadrak Imam Hakim serta sebahagian besar dari Sunan Kubra al- Baihaqi. Selain dari kitab-kitab hadith, beliau juga mengkhatamkan kitab-kitab mustolah hadith, usul-fiqh dan lain-lain seperti Matan Baiquniyah beserta Syarah Hasan al-Masyat, Muqizoh Imam Zahabi, Muqadimah Ibnu Solah, Nuzhatun Nazor Ibnu Hajar, al-Ba’ithul Hathith dan lain-lain sebgainya.
dari beliaulah Syeikh Muhammad mengkaji dan mendalami mazhab Malikiy, seperti : Risalah Ibnu Abi Zaid al-Qairawani, matan Ibni ‘Asyir, Muwato’ Malik riwayat Yahya al-Laithi, Awail Sunbuliyah dan sebagian dari Sahih Bukhari dan masih banyak lagi kitab-kitab yang di hatamkan kepada beliau. Pada tahun 1418 hijrah, beliau bertemu dengan Musnid (ulama besar bidang hadis) Sudan, Sejak itu Syeikh Muhammad melaziminya sehingga beliau mengkhatamkan berpuluh jilid kitab-kitab besar hadith yang jarang sekali untuk zaman sekarang para ulama menguasainya : seperti Sohih Bukhari, Sohih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan Tirmizi, Sunan Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, Muwatto’ riwayat al-Laithi , riwayat al-Qa’nabi dan riwayat as-Syaibani, Musnad Imam Ahmad, Mu’jam Shoghir Tabrani, Zadul Muslim, Awail Sunbuliyah, Adabul Mufrad, Al-Azkar dan Riyadhus Solihin karangan Imam Nawawi, dan sebagian dari Sunan Darimi dan Mustadrak Imam Hakim serta sebahagian besar dari Sunan Kubra al- Baihaqi. Selain dari kitab-kitab hadith, beliau juga mengkhatamkan kitab-kitab mustolah hadith, usul-fiqh dan lain-lain seperti Matan Baiquniyah beserta Syarah Hasan al-Masyat, Muqizoh Imam Zahabi, Muqadimah Ibnu Solah, Nuzhatun Nazor Ibnu Hajar, al-Ba’ithul Hathith dan lain-lain sebgainya.
2. Syeikh al-Badawi Muhammad at-Tohir al-Husaiyni, imam besar masjid raya
Khartoum,
3. Syeikh Muhammad bin Abdul Rahim bin Hamid al-Kahili,
4. Syeikh Diyab Ahmad Diyab al-Maliki,
5. Syeikh Muhammad Ali Bayan al-Habsyi al-Hanafi, kepada beliaulah Syeihk
Muhammad mendalami konsep hukum fikih Imam Abu Hanifah (Hanafi),
setelah beliau menguasai mazhab syafiiy dan malikiy.
6. Syeikh Muhammad bin Ali at-Thoraifi al-‘Araki dan selain mereka.
Syeikh Muhammad Muhyuddin juga pernah beguru ke Yaman dan beberapa
ulama besar di sana seperti :
1. Mufti Syeikh Ali bin Salim Bukayir Ba Gheetsan (Rois Majelis Ulama
Hadhramaut),
2. Syeikh Sulaiman bin Ahmad al-Mahnabi al-Zabidi,
3. Syeikh Umar bin Ismail al-Batthoh al-Ahdal
4. Habib Salim as-Syatiri
5. Syeikh Solah bin Ahmad bin Abdullah al-Hamdani al-Yamani al-Zaidiy (guru
beliau dalam mazhab zaidi), dan masik banyak lagi.
Adapun guru beliau dari belahan dunia lain adalah :
1. Afganistan : Syeikh Ghulam bin Imam bin Nizar al-Afghani al-Hanafi (guru beliau
dalam fikih mazhab Hanafi)
2. Kazakastan : Syeikh Abdul Qadir Karamatullah al-Bukhari.
3. Mesir : Syeikh Nasr bin Muhammad al-Hasani al-Misriy.
4. Suria : Syeikh Yahya bin Abdul Razzaq al-Ghauthani ad-Dimasyqi.
Syeikh Sa’duddin Sa’id al-Murad al-Hamawi as-Syafie
Syeikh Muhammad bin Mahmud al-Hajjar al-Halabi as-Syafie
5. Banglades : Syeikh Abdul Rahman bin Abdullah al-Ghaazi al-Hanafi ( pimpinan
majlis fatwa Bangladesh).
6. India : Syeikh Abdul Wakil bin Abdul Haq al-Hasyimi al-Hindi.
7. Libiya : Syeikh Malik Bin Arabi as-Sanusi al-Maliki al-Libi.
8. Muritania : Syeikh Muhammad bin Habib al-Bushodi as-Syinqiti.
9. Syeikh Sayyid Hamid bin Alawi bin Tohir Al-Haddad (putra mufti kerajaan ohor-
Malaysia)
Dan Masih ada lebih dari 300 ulama lagi selain nama diatas, yang berperan
membentuk kazanah wawasan keilmuan yang amat luas serta kearifan dalam
bersikap, antara guru talaqqi dan ijazah.
• AKADEMISI
Walaupun sudah memiliki ilmu dan wawasan yang luas, beliau tetap
mengikuti konsep pendidikan moderen.
P.hd. atau jenjang doktor, dalam bidang hukum Islam dan hukum
Internsioanal, beliau raih dengan predikat cumlaude (exellent) di Universiti
Omdurman Islamiyah dan mendapat anugerah pelajar terbaik yang disampaikan
langsung oleh Presiden Sudan ketika itu.
Beliau adalah pakar dari beberapa bidang keilmuan :
1. Fiqih (hukum islam) kalsik dan kontemporer
2. Hadis beserta riwayatnya
3. Akhlaq dan Tazkiyah
4. Sejarah perdaban Islam
5. Sastra Arab dan lain sebagainya.
• KARYA ILMIYAH
Karya beliau berupa kitab, buku dan artikel bertebaran, antara yang
sudah di cetak dan yang masih manuskrip, diantaranya :
أحكام الجو والفضاء بين الفقه اإلسالمي والقانون الدولي .1
Hukum yang berkaitan dengan udara dan ruang angkasa
(antara hukum Islam dan Undang-undang Internasional )
Kitab sebanyak 2 jilid Ini adalah terobosan
fikih kontemporer, ketika kebanyakan
kitab klasik belum membahas masalah
pesawat, jika terjadi pembegalan di
pesawat, milik siapakah udara suatu
negara dan masalah lainnya, syeihk
menggabungkan dan melakukan
komparasi hukum Syariat dan undang-undang Internasional.
Sudah di cetak, dan pertama turun di book fair Riyad – Saudi Arabia langsung
habis di pasaran.
أربعون حديثا في فضائل أربعين صحابيا من أربعين كتابا .2
(40 hadis tentang keutamaan 40 Sahabat Nabi dari 40 kitab hadis)
Ini adalah kitab yang membas biografi 40
sahabt nabi, karakter dan keutamaan
mereka, syeihk kumpulkan dari berbagai
referensi kitab hadis dan sejarah.
Buku ini juga menepis pemahaman
sebagian Syiah yang melecehkan sahabat-
sahabat nabi yang Allah telah berikan
kelebihan.
Belia juga menyertakan biografi para
keluarga dan istri-istri nabi Muhammad
SAW.
إختطاف الطائرات بين الفقه اإلسالمي والقانون الدولي .3
( Pembajakan pesawat antara hukum Islam dan Undang-Undang
Internasional )
المائة المختارة من الكتب العشرة من كل واحد منها أحاديث عشرة .4
(Seratus hadis pilihan dari 10 kitab hadis)
Kitab ini adalah kumpulan 100 hadis pilihan
yang penting di jadikan pondasi kehidupan
seorang mukmin dalam menjalani kehidupan.
Kitab ini juga disertakan silsilah sanad dari
pengarang sampai para ulama besar hadis
dunia.
اإلجارة العامة .
5
Kumpulan ijazah silsilah keilmuan Syeihk Muhammad Muhyiddin.
إيضاح مشكل الخفي في صور لم ينقض فيها المني .6
( Penjelasan tentang kondisi yang tidak membatalkan wudhu walupun
keluar air mani.)
Karya ini di tulis ketika beliau sedang mengaji dengan seorang gurunya
yang bermazhab Maliki dan mengkritik pendapat mazhab Syafii dalam
masalah air mani, lalu beliaupun menulis kiab ini sebagai jawabannya.
Dalam bidang sastra Arab beliau menulis beberapa karya berupa esai dan
syair :
7. الخريف في المتساقطة األوراق (Dedaunan yang berguguran di musim semi )
8. ممزقة صفحات (Kertas-kertas yang robek )
مقامات أدبية .9
10. Dan lain sebagainya.
• KUNJUNGAN DAN DAKWAH
• Negara Malaysia adalah negara yang sering di kunjungi dengan tujuan
dakwah Islamiyah demi memenuhi undangan beberapa pihak di Malaysia,
seperti Universitas, lembaga fatwa, lembaga Pendidikan dan pihak lainnya di
Malaysia.
• INDONESIA Pada bulan Maret 2018, sempat memenuhi undangan dari
beberapa pihak, diantaranya :
UIN Surabaya, Universitas Al-Azhar Jakarta,
Yayasan dan Pondok pesantren di Jakarta, Tanggerang, Malang, Surabaya,
Gresik dan lain sebagainya.
Sekarang beliau bertugas sebagai Dosen di International University of Afrika
Khartoum, beliau juga mengajar fiqh syafie dan hadis secara face to face
(talaqqi) di luar kamus. Pengajian talaqqi beliau sering dihadiri oleh pelajar-
pelajar kampus dan masyarakat umum dari berbagai negara.
Sanad keilmuan dari jaringan ulama di belahan dunia yang sampai kepada
nabi Muhammad adalah merupakan keunggulan beliau yang beliau jaga
keautentikannya.
Akhlak mulia beliau dan sifatnya yang sangat merendah diri menyebabkan
beliau sangat disenangi oleh mereka yang mengenalinya. Metode kajian dan
penyampaian materi juga mudah difahami. sikap beliau yang terbuka dan saling
menghormati pandangan yang berbeda juga menyebabkan beliau banyak di
gandrungi para pemburu ilmu dari berbagai mazhab dan pemikiran, dengan
menjunjung tinggi persatuan ummat Islam.
Metode dalam mengajar dengan menghatamkan kitab dari awal sampai
akhir ini di galakkan oleh beliau agar tidak sepenggal dalam memahami agama
Allah yang dapat menyesatkan pemahaman tentang agama. Bahkan setiap kali
menghatamkan kitab beliau mengadakan ujian lisan kepada murid-muridnya
dan mengujinya di hadapan ratusan muridnya, lalu memberikan hadian berupa
kitab atau pakaian bahkan uang demi menyemangati muridnya kejenjang
kelimuan yang lebih tinggi.
Murid-murid beiau sekarang tersebar di Indonesia, Malaysia, Sudan, Saudi
Arabia, Suria, Yaman, Filipina, Thailand, Turki, Al-jazair, Irak, Muritania,
Tazakistan, Somalia, Nigeria dan berbagai negara Afrika.
Demikian sepenggal biografi singkat tetang beliau.
Auza’i Mahfudz Asirun
Post a Comment