Terjemah Kasyifatus Saja Syarah Safinatun Naja Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Bantani (Pembahasan ke-13)

Karya Syekh Muhammad Nawawi Bin Umar Al-Jawi Al-Bantani Assyafii
Diterjemahkan oleh :
Zaenal Arifin Yahya

الى حضرة الشيخ محمد نووي بن عمر الجاوي البنتني التناري الشافعي ... {الفاتحة}
Aku berniat tholabul ilmi karena Alloh swt


﷽اللهم على سيدنا محمد ﷺ الحمد لله حمدا يوافي نعمه ويكافيء مزيده ....
Pembahasan ke-13

وبقوله ﷺ من صلى علي في كتاب لم تزل الملائكة تصلی علیه ما دام إسمي في ذلك الكتاب

قال عبد المعطي السملاوي في معنی هذا الحديث أي من كتب الصلاة وصلى أو قرأ الصلاة المرسومة في التأليف أو حافل أو رسالة لم تزل الملائكة تدعو له بالبركة أو تستغفر له

(خاتم النبيين) بفتح التاء وكسرها والكسر أشهر أى طابعهم كما في المصباح

فلا نبي بعده ﷺ فهو آخرهم في الوجود باعتبار جسمه في الخارج

(وآله) وهم جميع أمة الإجابة لخبر آل محمد گل تقي أخرجه الطبرانی

وهو الأنسب بمقام الدعاء ولو عاصبين ادلانهم أحرج إلى الدعاء من غيرهم

وأما في مقام الزكاة فالمراد بالآل هم بنو هاشم وبنو المطلب
Dan dengan sebab [mengamalkan] sabda Nabi saw. “Siapa saja yang bersholawat kepadaku di dalam sebuah kitab. maka tidak henti-hentinya para Malaikat ber-sholawat untukmya. selama namaku masih ada di kitab itu".

Telah berkata Syekh Abdul Mu’thi AsSamlawiy dalam memaknai hadits ini: ”Maksudnya adalah siapa saja yang menulis sholawat dan ia ber-sholawat atau ia membaca sholawat yang ditulis di dalam penyusunan karya, atau surat undangan perayaan, atau sebuah surat, maka tidak henti-hentinya para malaikat akan berdoa untuk orang itu, dengan keberkahan atau memintakan ampunan untuk orang itu”.

(pamungkas para Nabi) lafadz khotimun, dengan dibaca fathah huruf ta-nya' dan bisa dibaca Kasroh, dan huruf ta'-nya dibaca kasroh adalah lebih terkenal. khotimun maksudnya adalah pemberi cap kenabian kepada para nabi, sebagaimana di dalam kitab Al-misbah.

Maka tidak ada nabi setelah beliau saw, karena beliau yang terakhir diantara para Nabi di dalam perwujudannya dengan pertimbangan jasad kasarnya di dalam realita.

(don para keluarga beliau) dan mereka itu adalah semua umat yang berhak dikabulkan do’anya, berdasarkan hadits : ”Keluarga Muhammad adalah setiap orang yang bertakwa". Hadits dikeluarkan oleh Imam Ath-Thobroniy.

Pengertian ini adalah yang paling sesuai dengan kedudukan doa, Walaupun mereka sebagai para pelaku maksiat, karena sesungguhnya mereka lebih membutuhkan kepada [dikabulkannya] do’a, daripada selain mereka.

Adapun di dalam kedudukan zakat, maka yang dimaksud dengan keluarga Nabi saw, mereka adalah para anak keturunan Hasyim dan Muththolib.


Wallohu a'lam bishshowaab...

۩ﷺ۩ اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْاَلُكَ الْبَرْكَۃَ وَالسَّلَامَۃَ لِبِلَادِ اِنْدُوْنِيْسِيَا ...۩ﷺ۩ {الفاتحة}
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Bersambung...

Post a Comment

Previous Post Next Post