Karya Syekh Muhammad Nawawi Bin Umar Al-Jawi Al-Bantani Assyafii
Diterjemahkan oleh :
Zaenal Arifin Yahya
الى حضرة الشيخ محمد نووي بن عمر الجاوي البنتني التناري الشافعي ... {الفاتحة}
Aku berniat tholabul ilmi karena Alloh swt
﷽اللهم على سيدنا محمد ﷺ الحمد لله حمدا يوافي نعمه ويكافيء مزيده ....
Pembahasan ke-14
( تنبيه ) أصل آل أهل قلبت الهاء همزة توصلا لقلبها ألفا ثم قلبت الهمزة ألفالسكونها وانفتاح ما قبلها هذا مذهب سيبويه
وقال الكسائي أصله أول على وزن جمل تحركت الواو وانفتح ما قبلها قلبت ألفا
(وصحبه)
وهو من اجتمع مؤمنا بالنبي ﷺ بعدالرسالة ولو قبل الأمر بالدعوة في حال حياته
اجتماعا متعارفا بأن يكون في الأرض ولو في ظلمة أو كان أعمى وإن لم يشعر به
أو كان غير مميز أو مارا أحدهما على الآخر ولو نائما
وقال الكسائي أصله أول على وزن جمل تحركت الواو وانفتح ما قبلها قلبت ألفا
(وصحبه)
وهو من اجتمع مؤمنا بالنبي ﷺ بعدالرسالة ولو قبل الأمر بالدعوة في حال حياته
اجتماعا متعارفا بأن يكون في الأرض ولو في ظلمة أو كان أعمى وإن لم يشعر به
أو كان غير مميز أو مارا أحدهما على الآخر ولو نائما
أو لم يجمع به لكن رأی النبي أو رآه النبى ولو مع بعد المسافة ولو ساعة واحدة
بخلاف التابعى مع الصحابي فلا تثبت التابعية إلا بطول الإجتماع معه عرقا على الأصح عند أهل الأصول والفقهاء أيضا ولا يكفي مجرد اللقاء
بخلاف التابعى مع الصحابي فلا تثبت التابعية إلا بطول الإجتماع معه عرقا على الأصح عند أهل الأصول والفقهاء أيضا ولا يكفي مجرد اللقاء
(Peringatan) Asal kalimat aalun adalah ahlun. Huruf "ha" dirubah menjadi bentuk "jamzah" karena sebagai perantara bagi berubah bentuknya dari "ha" menjadi "alif". Kemudian huruf hamzah itu dirubah bentuk menjadinalif karena sukunnya huruf hamzah tersebut dan berharokat fathah huruf sebelumnya. Ini merupakan pendapat Imam Sibawaih.
Namun Imam Al-Kisai berkata: ”Asal kalimat aalun adalah awwalun, mengikuti wazan jamalun, Huruf wawu berharokat dan berharokat fathah huruf sebelumnya, maka huruf wawu itu dirubah bentuk menjadi huruf alif.
(dan para sahabat beliau)
Dan sahabat adalah orang yang berkumpul dengan Nabi saw dalam keadaan beriman setelah diangkat menjadi Rosul, walaupun sebelum ada perintah untuk berdakwah [mengajak beriman]. di saat Nabi saw masih hidup,
dengan berkumpul yang saling mengenal, dengan sekiranya keadaan berkumpulnya di bumi, walaupun dalam kegelapan, atau keadaan orang tersebut buta, meskipun ia tidak merasakan dengan [ciri fisik] Nabi saw.
atau keadaan orang hersebut belum tamyiz, atau sebagai orang yang melintas [sekejap] salah satu dari kedua orang itu atas orang yang lainnya, walaupun dalam keadaan tertidur,
atau ia tidak berkumpul dengan Nabi, akan tetapi ia melihat Nabi, atau Nabi melihat kepadanya, walaupun disertai dengan jauhnya jarak, walaupun hanya sesaat.
Berbeda halnya Tabi’in [pengikut para sahabat] terhadap sahabat Nabi, maka tidak dapat ditetapkan sebagai tabi'iy [pengikut sahabat], kecuali dengan lama berkumpul bersama sahabat, secara keumuman, berdasarkan pendapat yang paling shohih, juga menurut pendapat para ahli Ushul dan para ahli Fiqih.
Dan tidak mencukupi sekedar bertemu [saja].
Wallohu a'lam bishshowaab...
۩ﷺ۩ اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْاَلُكَ الْبَرْكَۃَ وَالسَّلَامَۃَ لِبِلَادِ اِنْدُوْنِيْسِيَا ...۩ﷺ۩ {الفاتحة}
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Bersambung....
Post a Comment