Pembahasan ke-138
وأما إن كان أحدهما منسدا إنسدادا عارضا فلا بد أن تكون الثقبة قريبة من المعدة فإن كانت في رجله أو نحوها لم ينقض الخارج منها. (ریح) هذا بدل من قوله الخارج أي سواء خرج ذلك الريح من القبل أو الدبر. وسئل أبو هريرة رضي الله عنه عن الحدث فقال فساء أو ضراط رواه البخاري قال في المصباح الفساء ريح يخرج بغير صوت يسمع وقال الصاوى فإن كان الريح الخارج من الدبر بلا صوت شديد سمى فسوة وإن كان خفيفا سمي فسية بالتصغير وإن كان بصوت سمى ضراط ا.ه
(أو غيره) أي سواء كان الخارج عينا أوريحا طاهرا أو نجسا جافا أورطبا معتادا كبول أو نادرا كدم انفصل أو لا كدودة أخرجت رأسها وإن رجعت وإذا ألقت المرأة جزء ولد فإنه ينتقض الوضوء
Adapun jika salah satunya tersumbat dengan penyumbatan yang bersifat baru [bukan semenjak lahir], maka tidak boleh tidak, adanya lubang [yang baru] harus dekat dari posisi perut besar.
Jika lubang itu berada pada kakinya seseorang atau semacamnya [yang jauh dari perut besar], maka tidak membatalkan, perkara yang keluar dari lubang itu.
([keluar] berupa angin [kentut]) kalimat rihun ini menjadi badal (pengganti) dari ucapan pengarang (syekh salin bin sumair) : al-khoriju.
Yakni sama saja angin itu keluar dari kemaluan depan atau kemaluan belakang.
Dan sayyidina Abu Huroiroh pernah ditanya tentang hadats, maka beliau berkata: "Kentut yang tidak berbunyi atau kentut yang berbunyi", hadits 'diriwayatkan oleh Imam Bukhori.
Berkata pengarang kitab Al-Misbah : ”Al-Fusau adalah angin yang keluar dengan tanpa suara yang terdengar".
Dan berkata Syekh Ash-Showiy: "Jika angin yang keluar dari dubur dengan tanpa bersuara, maka dinamakan dengan fuswah, dan jika suaranya ringan [kecil] dinamakan dengan fusayah, dengan bentuk kalimat tashghir, dan jika keadaannya dengan bersuara, maka dinamakan dengan Dhurroth. selesai.
(atau [keluar] selain angin) yakni sama saja, perkara yang keluar itu berupa benda atau angin, suci ataupun najis, kering ataupun basah, perkara yang biasa seperti kencing, atau yang langka seperti darah, terpisah ataupun tidak, seperti cacing yang mengeluarkan kepalanya, meskipun cacing itu kembali lagi [masuk ke dalam].
Dan apabila wanita menggugurkan bagian janin [yang dikandungnya], maka sesungguhnya hal itu membatalkan wudhu.
Wallahua'lambisshawab
_______________________________________
Karya Syekh Muhammad Nawawi Bin Umar Al-Jawi Al-Bantani Asy-syafi'i
Diterjemahkan oleh :Zaenal Arifin Yahya
وأما إن كان أحدهما منسدا إنسدادا عارضا فلا بد أن تكون الثقبة قريبة من المعدة فإن كانت في رجله أو نحوها لم ينقض الخارج منها. (ریح) هذا بدل من قوله الخارج أي سواء خرج ذلك الريح من القبل أو الدبر. وسئل أبو هريرة رضي الله عنه عن الحدث فقال فساء أو ضراط رواه البخاري قال في المصباح الفساء ريح يخرج بغير صوت يسمع وقال الصاوى فإن كان الريح الخارج من الدبر بلا صوت شديد سمى فسوة وإن كان خفيفا سمي فسية بالتصغير وإن كان بصوت سمى ضراط ا.ه
(أو غيره) أي سواء كان الخارج عينا أوريحا طاهرا أو نجسا جافا أورطبا معتادا كبول أو نادرا كدم انفصل أو لا كدودة أخرجت رأسها وإن رجعت وإذا ألقت المرأة جزء ولد فإنه ينتقض الوضوء
Adapun jika salah satunya tersumbat dengan penyumbatan yang bersifat baru [bukan semenjak lahir], maka tidak boleh tidak, adanya lubang [yang baru] harus dekat dari posisi perut besar.
Jika lubang itu berada pada kakinya seseorang atau semacamnya [yang jauh dari perut besar], maka tidak membatalkan, perkara yang keluar dari lubang itu.
([keluar] berupa angin [kentut]) kalimat rihun ini menjadi badal (pengganti) dari ucapan pengarang (syekh salin bin sumair) : al-khoriju.
Yakni sama saja angin itu keluar dari kemaluan depan atau kemaluan belakang.
Dan sayyidina Abu Huroiroh pernah ditanya tentang hadats, maka beliau berkata: "Kentut yang tidak berbunyi atau kentut yang berbunyi", hadits 'diriwayatkan oleh Imam Bukhori.
Berkata pengarang kitab Al-Misbah : ”Al-Fusau adalah angin yang keluar dengan tanpa suara yang terdengar".
Dan berkata Syekh Ash-Showiy: "Jika angin yang keluar dari dubur dengan tanpa bersuara, maka dinamakan dengan fuswah, dan jika suaranya ringan [kecil] dinamakan dengan fusayah, dengan bentuk kalimat tashghir, dan jika keadaannya dengan bersuara, maka dinamakan dengan Dhurroth. selesai.
(atau [keluar] selain angin) yakni sama saja, perkara yang keluar itu berupa benda atau angin, suci ataupun najis, kering ataupun basah, perkara yang biasa seperti kencing, atau yang langka seperti darah, terpisah ataupun tidak, seperti cacing yang mengeluarkan kepalanya, meskipun cacing itu kembali lagi [masuk ke dalam].
Dan apabila wanita menggugurkan bagian janin [yang dikandungnya], maka sesungguhnya hal itu membatalkan wudhu.
Wallahua'lambisshawab
_______________________________________
Karya Syekh Muhammad Nawawi Bin Umar Al-Jawi Al-Bantani Asy-syafi'i
Diterjemahkan oleh :Zaenal Arifin Yahya
Mantap
ReplyDeletePost a Comment