Nama lengkap Imam
Ali bin Ismail bin Abi Basyar Ishaq bin Salim bin Ismail bin Abdillah bin Musa bin Bilal bin Abi Burdah bin Musa Al-Asy'ari.
Kunyah (nama sapaan) beliau: Abu al-Hasan
Laqab (gelar) beliau : Nashiruddin
Lahir
Bashrah, 260 H/875 M
Keluarga beliau
Ayahnya Ismail bin Abi Basyar Ishaq adalah seorang Ahlussunnah wal jamaah dan seorang alim di bidang hadis. Nasab beliau bersambung kepada sahabat Nabi, Abu Musa Al-Asy'ari.
Imam Abu Al-Hasan belajar membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur'an kepada ayahnya.
Ketika ayahnya wafat Imam Abu Al-Hasan dititipkan pembelajarannya kepada Imam Zakarya bin Yahya al-Saji (wafat 307 H), seorang ulama Ahlussunnah wal jamaah yang alim di bidang hadis, fiqh, dan Ushul fiqh di zamannya.
Beliau juga belajar kepada para ulama hadis terkenal di masa beliau, seperti: Syaikh Abu Khalifah al-Jumahi (wafat 305 H) , Syaikh Sahl bin Nuh (wafat 287 H), Syaikh Muhammad bin Ya'kub al-Maqburi dan Syaikh Abdurrahman bin Khalaf al-Dlabbi (wafat 279 H). Dasar keilmuan beliau dibentuk oleh para ulama hadis yang menjadi pondasi teologi beliau di masa mendatang.
Beliau juga belajar fiqh kepada Syaikh Abu Ishaq al-Marwazi (wafat 340 H).
Sejak kecil beliau sudah dididik dengan pemahaman Ahlussunnah wal jamaah oleh ayahnya dan ulama ahli hadis, fiqh, dan ushul fiqh di zamannya.
Hanya saja, sepeninggal ayahnya, ibunya menikah dengan Abu Ali Al-Jubbai, seorang pemuka Mu'tazilah di zamannya. Karena besar dengan bapak tirinya, Imam Abu Hasan terpengaruh pemikiran Mu'tazilah.
Fase kehidupan Imam Abu Al-Hasan
Fase pertama, (masa kecil dengan bimbingan ulama Ahlussunnah)
Sejak lahir sampai berusia 10 tahun. Fase beliau belajar kepada ayahnya, Syaikh Zakarya bin Yahya al-Saji dan ulama Ahlussunnah lainnya.
Fase kedua, (dididik dengan pemikiran Mu'tazilah oleh ayah tirinya)
Usia 10 tahun sampai 40 tahun. Pada fase ini beliau belajar kepada ayah tiri beliau, Al-Jubbai, sampai menjadi seorang alim terkenal di dalam mazhab Mu'tazilah. Pada usia 40 tahun, beliau keluar dari pendidikan Mu'tazilah. Kejadiannya tahun 300 H/915 M.
Fase ketiga, (kembali kepada Ahlussunnah wal jamaah)
Setelah keluar dari Mu'tazilah (usia 40 tahun) dan kembali kepada Ahlussunnah wal jamaah. Sejak itu Imam Abu Al-Hasan berusaha membela akidah Ahlussunnah wal jamaah dengan pendekatan dalil naqli dan aqli. Di awal perubahan ini beliau mendeklarasikan diri beliau sebagai pengikut Madzhab Imam Ahmad bin Hanbal sampai terjadi sebuah peristiwa perdebatan beliau dengan al-Barbahari yang berakhir dengan permusuhan. Sejak saat itu pengikut mazhab Hanabilah merasa enggan menisbahkan Imam Abu Al Hasan kepada mazhab Hanabilah. Setelah itu beliau bertemu dengan imam Abu Ishaq al-Marwazi dan belajar lagi kepada ulama Ahlussunnah wal jamaah.
Beliau juga seorang yang mengamalkan tasawuf. Diantara gambaran ibadah beliau, selama 20 tahun beliau menunaikan shalat subuh dengan wudhu' pada shalat Isya'.
Begitulah kehidupan beliau sampai wafat. Tidak ada lagi perubahan fase selanjutnya.
Wafat beliau.
Imam Ibnu al-Furak, murid Imam al-Bahily, yang merupakan murid langsung Imam Abu Al Hasan mengatakan bahwa Sang Imam wafat pada tahun 324 H/939 M. di Bagdad.
Karya-karya beliau
Imam Ibnu Asakir meriwayatkan dari Imam Ibnu al-Furak menjelaskan bahwa karya Imam Abu Al Hasan lebih dari 90 buku. Imam Ibnu Hazm menyebut karya beliau 55 buku. Ini diamini oleh Imam Ibnu al-Imad di Syadzarat al-Dzahab, Imam Ibnu Katsir di al-Bidayah wa al-Nihayah dan al-Baghdadi di Tarikh al-Baghdad. Imam Ibnu Subki menyebutkan karya beliau lebih banyak dari yang disebutkan sebelumnya sekitar 21 buku. Sedangkan al-Zirikli di dalam al-A'lam menyebutkan karya beliau lebih dari 300 buku.
Sumber bacaan;
Biografi Imam Abu Hasan Al Asy'ari yang ditulis oleh Dr. Fauqiyah Husein Mahmud, di dalam tahqiq nya terhadap kitab al-Ibanah 'an Ushul al-Diyanah, terbitan Dar al-Kitab li an-Nasyr wa al-Tauzi' Kairo, cetakan kedua, tahun 1987
Sumber: FP Ustadz Alnof Dinar
Ali bin Ismail bin Abi Basyar Ishaq bin Salim bin Ismail bin Abdillah bin Musa bin Bilal bin Abi Burdah bin Musa Al-Asy'ari.
Kunyah (nama sapaan) beliau: Abu al-Hasan
Laqab (gelar) beliau : Nashiruddin
Lahir
Bashrah, 260 H/875 M
Keluarga beliau
Ayahnya Ismail bin Abi Basyar Ishaq adalah seorang Ahlussunnah wal jamaah dan seorang alim di bidang hadis. Nasab beliau bersambung kepada sahabat Nabi, Abu Musa Al-Asy'ari.
Imam Abu Al-Hasan belajar membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur'an kepada ayahnya.
Ketika ayahnya wafat Imam Abu Al-Hasan dititipkan pembelajarannya kepada Imam Zakarya bin Yahya al-Saji (wafat 307 H), seorang ulama Ahlussunnah wal jamaah yang alim di bidang hadis, fiqh, dan Ushul fiqh di zamannya.
Beliau juga belajar kepada para ulama hadis terkenal di masa beliau, seperti: Syaikh Abu Khalifah al-Jumahi (wafat 305 H) , Syaikh Sahl bin Nuh (wafat 287 H), Syaikh Muhammad bin Ya'kub al-Maqburi dan Syaikh Abdurrahman bin Khalaf al-Dlabbi (wafat 279 H). Dasar keilmuan beliau dibentuk oleh para ulama hadis yang menjadi pondasi teologi beliau di masa mendatang.
Beliau juga belajar fiqh kepada Syaikh Abu Ishaq al-Marwazi (wafat 340 H).
Sejak kecil beliau sudah dididik dengan pemahaman Ahlussunnah wal jamaah oleh ayahnya dan ulama ahli hadis, fiqh, dan ushul fiqh di zamannya.
Hanya saja, sepeninggal ayahnya, ibunya menikah dengan Abu Ali Al-Jubbai, seorang pemuka Mu'tazilah di zamannya. Karena besar dengan bapak tirinya, Imam Abu Hasan terpengaruh pemikiran Mu'tazilah.
Fase kehidupan Imam Abu Al-Hasan
Fase pertama, (masa kecil dengan bimbingan ulama Ahlussunnah)
Sejak lahir sampai berusia 10 tahun. Fase beliau belajar kepada ayahnya, Syaikh Zakarya bin Yahya al-Saji dan ulama Ahlussunnah lainnya.
Fase kedua, (dididik dengan pemikiran Mu'tazilah oleh ayah tirinya)
Usia 10 tahun sampai 40 tahun. Pada fase ini beliau belajar kepada ayah tiri beliau, Al-Jubbai, sampai menjadi seorang alim terkenal di dalam mazhab Mu'tazilah. Pada usia 40 tahun, beliau keluar dari pendidikan Mu'tazilah. Kejadiannya tahun 300 H/915 M.
Fase ketiga, (kembali kepada Ahlussunnah wal jamaah)
Setelah keluar dari Mu'tazilah (usia 40 tahun) dan kembali kepada Ahlussunnah wal jamaah. Sejak itu Imam Abu Al-Hasan berusaha membela akidah Ahlussunnah wal jamaah dengan pendekatan dalil naqli dan aqli. Di awal perubahan ini beliau mendeklarasikan diri beliau sebagai pengikut Madzhab Imam Ahmad bin Hanbal sampai terjadi sebuah peristiwa perdebatan beliau dengan al-Barbahari yang berakhir dengan permusuhan. Sejak saat itu pengikut mazhab Hanabilah merasa enggan menisbahkan Imam Abu Al Hasan kepada mazhab Hanabilah. Setelah itu beliau bertemu dengan imam Abu Ishaq al-Marwazi dan belajar lagi kepada ulama Ahlussunnah wal jamaah.
Beliau juga seorang yang mengamalkan tasawuf. Diantara gambaran ibadah beliau, selama 20 tahun beliau menunaikan shalat subuh dengan wudhu' pada shalat Isya'.
Begitulah kehidupan beliau sampai wafat. Tidak ada lagi perubahan fase selanjutnya.
Wafat beliau.
Imam Ibnu al-Furak, murid Imam al-Bahily, yang merupakan murid langsung Imam Abu Al Hasan mengatakan bahwa Sang Imam wafat pada tahun 324 H/939 M. di Bagdad.
Karya-karya beliau
Imam Ibnu Asakir meriwayatkan dari Imam Ibnu al-Furak menjelaskan bahwa karya Imam Abu Al Hasan lebih dari 90 buku. Imam Ibnu Hazm menyebut karya beliau 55 buku. Ini diamini oleh Imam Ibnu al-Imad di Syadzarat al-Dzahab, Imam Ibnu Katsir di al-Bidayah wa al-Nihayah dan al-Baghdadi di Tarikh al-Baghdad. Imam Ibnu Subki menyebutkan karya beliau lebih banyak dari yang disebutkan sebelumnya sekitar 21 buku. Sedangkan al-Zirikli di dalam al-A'lam menyebutkan karya beliau lebih dari 300 buku.
Sumber bacaan;
Biografi Imam Abu Hasan Al Asy'ari yang ditulis oleh Dr. Fauqiyah Husein Mahmud, di dalam tahqiq nya terhadap kitab al-Ibanah 'an Ushul al-Diyanah, terbitan Dar al-Kitab li an-Nasyr wa al-Tauzi' Kairo, cetakan kedua, tahun 1987
Sumber: FP Ustadz Alnof Dinar
إرسال تعليق